Selasa, 21 Agustus 2007

Manis Djanoko


Jenis rancangan : Kemasan
Jenis Produk : Kertas linting rokok

Nama Produk : MANIS DJANOKO

Lebar/Panjang : 7 cm x 12 cm

Warna : Putih kertas dan merah, sedikit warna kuning dan hitam

Teknik produksi : Cetak saring(sablon)

Jenis material : Kertas karton

Visual : Sebuah wayang kulit dan lambang padi

Ekspresionistik : Terlihat sangat sederhana dari penggunaan warna yang minim hanya merah dan putih yang dominan melambangkan produk lokal dan hanya bergambar wayang kulit yang melambangkan ciri tradisionalnya. Kata djanoko yang diambil dari nama kesatria dalam tokoh perwayangan dengan kata lainnya janaka. Maka gambar wayang yang di tampilkan sangat sesuai, dimaksudkan agar orang yang memakai atau menghisap rokok ini percaya diri seperti tokoh janoko dan kata manis agar mengkesankan rokok ini enak dan rasanya manis.
Warna merah dan putih yang mewakili bendera Indonesia juga dimaksudkan karena untuk menonjolkan bahwa kertas rokok ini produk lokal.

Instrumentalistik : Dilihat dari desain kemasan, warna, dan gambarnya dapat disimpulkan bahwa produk ini murah dan di pasarkan di daerah-daerah atau kota-kota kecil. Pada daerah-daerah atau kota-kota kecil perekonomian masyarakatnya umumnya menengah kebawah sehingga para perokok lebih memilih merokok dengan membeli kertasnya secara terpisah dikerenakan lebih murah, karena itu kertas rokok ini juga di desain mengikuti kelas konsumennya.

Tidak ada komentar: